Desain kemasan produk makanan dan
minuman perlu dibuat dengan teliti karena berkaitan dengan berbagai hal,
seperti ketahanan dan higienitas. Berikut tujuh hal yang perlu diperhatikan
ketika mendesain kemasan produk baik untuk makanan atau minuman.
1. Efektivitas
Dalam proses merancang desain kemasan
produk, maka faktor efektivitas menjadi yang paling penting untuk
dipertimbangkan. Bahan kemasan produk harus disesuaikan dengan sifat dan
kebutuhan dari isi produk yang akan dikemas. Jangan sampai kemasan yang telah
dibuat tidak cocok dengan produk yang akan dikemas karena menyimpang dari
karakteristik produk tersebut.
2. Keamanan Pangan (Food Safety)
Hal lain yang perlu diperhatikan
ketika mendesain kemasan produk ialah faktor keamanan pangan (food safety).
Perihal keamanan pangan ini merupakan faktor vital yang harus diutamakan saat
memilih dan menentukan jenis desain kemasan dan cara pengemasannya. Keamanan
produk sangat penting karena kemasan non-food grade biasanya
mengandung bahan berbahaya yang dapat meracuni bahan makanan dan minuman. Nilai
keamanan pangan ini juga berkaitan dengan faktor kebersihan dan higienitas dari
kemasan produk. Cara mengemas yang kurang baik juga dapat menimbulkan kerusakan
pada makanan atau minuman yang dikemas.
3. Desain Aergonomis
Desain aergonomis yang dimaksudkan
adalah berupa desain kemasan produk yang mudah dalam segala hal, misalnya mudah
dibawa ke mana-mana, mudah dibuka atau disobek, mudah disimpan, mudah dituang,
mudah diambil, tidak berhamburan, dan berbagai kemudahan lain yang tidak
membuat repot para konsumen dengan kemasan produk tersebut. Semakin banyak
kemudahan yang dimiliki, akan semakin banyak pula minat konsumen untuk membeli.
4. Mudah Dikenali
Dalam meluncurkan produk, setiap
perusahaan tentu berharap agar produknya tersebut mudah dikenali, populer dan
memiliki ciri tersendiri. Satu yang menjadi kunci produk mudah dikenali adalah
dari desain kemasan produknya. Desain kemasan produk pangan harus dirancang
sedemikian rupa agar mudah dikenali dan diingat oleh konsumen. Desain kemasan
produk juga harus dibuat unik agar terlihat berbeda dari produk lain khususnya
untuk jenis produk serupa dari para kompetitor. Untuk membuat desain kemasan
produk yang mudah dikenali, Anda bisa bekerjasama dengan jasa desain kemasan
produk yang profesional seperti Sooca Design Firm misalnya.
5. Mudah dalam Pengangkutan dan
Pengiriman (Easy Delivery)
Hal lain yang juga wajib
diperhitungkan dalam menentukan desain kemasan produk adalah faktor kemudahan
pada proses pengiriman dan distribusinya. Jangan sampai desain kemasan produk
dibuat dengan memenuhi standar keamanan pangan, tetapi sulit untuk diangkut
atau dibawa. Jika hal ini terjadi, maka omzet penjualan dari produk Anda akan
sulit untuk berkembang. Cara paling mudah untuk menentukan kemasan yang easy
delivery adalah dengan berkonsultasi pada penyedia jasa desain kemasan
produk yang memang ahli dibidangnya.
6. Faktor Keindahan (Artwork)
Kekuatan visual masih menjadi faktor
keindahan yang paling utama. Jika desain kemasan produk dibuat dengan nilai
seni yang tinggi, maka kemungkinan untuk menarik perhatian konsumen juga ikut
meningkat. Karenanya, usahakan untuk membuat desain kemasan yang terlihat indah
dan menawan (atraktif). Pada dunia industri pangan, wajib hukumnya untuk
menampilkan gambar kemasan yang menggugah selera. Dalam artian, cukup dengan
melihat gambar pada kemasannya saja, calon konsumen dapat membayangkan
kelezatan atau kesegaran dari produk tersebut. Tentu ada banyak faktor yang
perlu diperhatikan yaitu perpaduan warna, pemilihan logo, pilihan huruf, tagline,
dan atribut lain. Anda bisa menyewa jasa desain kemasan produk untuk membuat
desain kemasan yang menarik dan tentunya memiliki daya tarik visual yang besar.
7. Faktor Informasi dan Promosi
Desain kemasan yang baik dapat menjadi
media informasi awal sebelum konsumen menentukan keputusannya (beli/tidak).
Manfaatkan bagian tertentu pada kemasan untuk menjelaskan detail produk pangan
yang anda buat, sehingga konsumen tidak merasa tertipu. Informasi jelas yang
konsumen dapatkan dari kemasan produk anda dengan sendirinya akan menjadi alat
untuk media promosi yang akan dilakukan oleh para konsumen dari mulut ke mulut.
-------------------------------------------
Tugas Mandiri
Buatlah Kemasan makanan dengan aplikasi Canva, kemudian hasilnya di cetak dan dikumpulkan.