Aplikasi Blender
merupakan perangkat lunak grafika komputer 3D. Penggunaan software ini
ditunjukkan membuat film animasi, efek visual, model cetak 3D, aplikasi 3D
interaktif, dan video games.
Blender memiliki fitur salah satunya pemodelan 3D,
penteksturan, penyunting gambar
bitmap, penulangan, simulasi fluida dan asap, simulasi partikel, animasi,
penyunting video, pemahat digital, dan perenderan.
Blender tidak membutuhkan banyak persyaratan perangkat
keras dan memiliki rekomendasi minimum berikut:
·
CPU 2GHz dual-core 64-bit dengan dukungan SSE2
·
RAM 4 GB
·
1280 × 768 tampilan
·
Mouse, trackpad, atau pena dan tablet
·
Kartu grafis dengan setidaknya 1 GB RAM, OpenGL
3.3
Komputer yang berusia lebih dari 10 tahun mungkin
mengalami sedikit kesulitan menjalankan Blender. Terlepas dari itu, pasti ingin
memastikan OS kamu mutakhir.
Fungsi Aplikasi Blender
Blender penuh dengan alat yang berguna, tetapi beberapa
akan lebih relevan untuk pemula daripada yang lain. Bagi banyak orang yang
datang ke Blender, alat yang paling populer adalah modeling, sculpting, dan
texturing, serta animasi. Mereka yang membuat objek untuk pencetakan 3D bahkan
mungkin tidak melampaui pemodelan dan pahatan.
Namun, bagi mereka yang tertarik untuk menjelajahi teknik
dan alat 3D yang lebih canggih, kamu dapat melihat Pensil Gemuk hibrida 2D/3D,
simulasi fisika, skrip, dan efek visual.
Fitur paling kuat dan berguna yang ditawarkan Blender
adalah pemodelan 3D dan alat pahatnya. Lagi pula, tidak ada seni 3D tanpa objek
3D!
Ada beberapa cara yang dapat kamu bisa lakukan untuk
membuat model 3D di Blender, dan versi terbaru (2.8) membuatnya lebih mudah
untuk menggunakan metode ini. Kamu dapat dengan bebas mengubah antara alat
pengeditan dan pemahatan mesh dengan satu perintah cepat.
Pemodelan berbasis mesh adalah pendekatan yang paling
umum digunakan, juga disebut pemodelan permukaan atau pemodelan kotak. Metode
ini bekerja berdasarkan poligon ke poligon, di mana objek dibangun dari
permukaan individu, kadang-kadang bahkan satu titik pada satu waktu
Mirip dengan metode ini adalah metode berbasis kurva,
yang disebut pemodelan NURBS di Blender, yang menggunakan garis untuk
mendefinisikan objek. Pendekatan ini melibatkan menggambar garis struktural
pemandu, yang kemudian digunakan untuk menghasilkan mesh.
Memahat memiliki berbagai alat yang digunakan untuk
'mendorong' dan 'menarik' mata jaring dengan cara yang berbeda, mirip dengan
cara seniman tradisional memahat tanah liat. Metode ini bekerja paling baik
ketika ada banyak poligon, dan umumnya digunakan untuk membuat objek yang
sangat detail dan bertekstur.