Tujuan Pembelajaran :
- Peserta didik mampu mengenal
Algoritma dan Pemograman.
- Peserta didik mampu membaca dan
menulis algoritma dengan benar
- Peserta didik mampu menggunakan
simbol dengan tepat
- Peserta didik mampu membuat
pemograman dengan baik
Algoritma adalah suatu kumpulan instruksi terstruktur dan terbatas yang dapat diimplementasikan dalam bentuk program komputer untuk menyelesaikan suatu permasalahan komputasi tertentu. Algoritma merupakan bentuk dari suatu strategi Langkah-langkah atau ‘resep’ yang kalian gunakan untuk menyelesaikan suatu masalah. Algoritma lahir dari suatu proses berpikir komputasional oleh seseorang untuk menemukan solusi dari suatu permasalahan yang diberikan. Dengan demikian, berpikir komputasional merupakan keahlian yang kalian perlukan untuk dapat membuat algoritma, program, atau suatu karya informatika yang dapat digunakan dengan efektif dan efisien.
Cara untuk merepresentasikan algoritma yaitu dengan diagram alir, pseudocode. Untuk itu, siswa harus memahami teknik bagaimana membaca algoritma yang sering disebut dengan tracing atau penelusuran program dan teknik bagimana menuliskan algoritma baik dalam bentuk diagram alir, pseudocode.
1. Diagram Alir
Diagram alir adalah diagram yang memperlihatkan langkah-langkah dalam suatu proses, yang mudah untuk dibuat dan mudah untuk dimengerti. Simbol Notasi Diagram Alir yang sering digunakan dapat dilihat pada Table 1.1.
- Buat table Ilustrasi dalam bentuk input-proses-output.
- Tuliskan nilai masukan yang menjadi input. Dalam diagram alir dinotasikan dengan READ.
- Simpan nilai masukan tersebut kedalam variable yang ditentukan yaitu variable Panjang dan variable Lebar
- Lakukan proses menghitung Luas, dengan memasukan nilai variable Panjang dan Variable Lebar kedalam rumus Luas = Panjang * Lebar
- Tampilkan hasil perhitungan Luas, yang dinotasikan dengan PRINT