Kelas XII
Unsur Perencanaan Produksi:
a. Tujuan Produksi Tujuan produksi harus dibuat sejelas mungkin dan
mampu dipahami oleh menejemen perusahaan.
b. Pengukuran dan standar produksi Artinya perencanaan produksi
tidak hanya dilakukan atas tujuan saja, tetapi juga harus mengukur kemampuan konsumen
dalam menyerap produk tersebut.
c. Perencanaan merupakan faktar obyektif Perencanaan produksi harus
apa adanya dan memiliki pemikiran yang cukup rasional bukan hanya sebagai angan-angan
saja.
d. Perencanaan harus bisa diukur Artinya sekalipun hanya
mengira-ira namun perkiraan tersebut adalah benar dan tentunya tidak menimbulkan
kerugian pada perusahaan.
e. Tahap awal pelaksanaan produksi Perencanaan harus menjadi
langkah awal bagi perusahaan dalam menghasilkan barang yang dibutuhkan oleh konsumen.
Jenis - Jenis Perencanaan Produksi
a. Perencanaan Jangka Panjang (LongRangePlanning) Perencanaan jangka
panjang merupakan perencanaan produksi lebih dari satu tahun bahkan hingga lima
tahun mendatang.
b. Perencanaan Jangka Menengah (Medium Range Planning) Perencanaan
jangka menengah merupakan perencanaan yang dibuat untuk kegiatan produksi selama
2 sampai 3 tahun mendatang.
c. Perencanaan Jangka Pendek (Short Range Planning) Perencanaan
jangka pendek merupakan penentuan kegiatan produksi yang akan dilakukan dalam jangka
satu tahun mendatang atau bahkan kurang dari satu tahun.
Faktor-Faktor yang Berpengaruh terhadap Perencanaan Produksi
a.
Faktor internal, meliputi
kapasitas mesin; produktivitas tenaga kerja; kemampuan pengadaan.
b.
Faktor eksternal,meliputi kebijakan
pemerintah; inflasi; bencana alam
Langkah-Langkah Perencanaan Produksi
a.
Penelitian dan Pengembangan
Produk, meliputi:
1)
Penelitian proses produksi
Merupakan penelitian yang dilakukan perusahaan yang bertujuan untuk perbaikan terhadap
proses produksi yang sedang berjalan.
2)
Penelitian produk Merupakan
penelitian yang dilakukan perusahaan untuk mengetahui selera konsumen, sehingga
penelitian ini bertujuan untuk perbaikan produk yang sudah ada dan disesuaikan dengan
selera konsumen.
b.
Mencari Gagasan dan Seleksi
Produk, meliputi:
1)
Mencari gagasan Yaitu
tahapan dalam mencari gagasan-gagasan dalam rangka pengembangan produk.
2)
Menyeleksi produk Tahapan
untuk memilih gagasan-gagasan yang masuk atau yang terbaik berkaitan dengan pengembangan
produk.
3)
Desain produk pendahuluan
Desain produk pendahuluan perlu dibuat sebelum menentukan desain produk yang
sebenernya.
4)
Pengujian Merupakan
kegiatan untuk menguji apakah produk layak dikembangkan atau tidak,baik dilihat
dari potensi pasar atau konsumen merupakan secara dari produk tersebut.
5)
Desain akhir Desain akhir dibuat
bila hasil pengujian produk layak dikembangkan.
c.
Menetapkan Skala Produksi, meliputi:
1)
Penetapan waktu
2)
Penetapan kualitas
3)
Menghitung Biaya
4)
Penetapan tenaga kerja
5)
Penetapan peralatan
6) Penetapan bahan baku Tahapan skala produksi meliputi: Routing, Scheduling, Dispatching, Follow-up
----------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Selamat Mengerjakan !!!
- Tugas Mandiri
- Tugas Kelompok