Unsur, Jenis, Faktor, dan langkah-langkah Perencanaan Produksi

Ali Yasin
0

Kelas XII


Unsur Perencanaan Produksi:




a.       Tujuan Produksi Tujuan produksi harus dibuat sejelas mungkin dan mampu dipahami oleh menejemen perusahaan.

b.      Pengukuran dan standar produksi Artinya perencanaan produksi tidak hanya dilakukan atas tujuan saja, tetapi juga harus mengukur kemampuan konsumen dalam menyerap produk tersebut.

c.       Perencanaan merupakan faktar obyektif Perencanaan produksi harus apa adanya dan memiliki pemikiran yang cukup rasional bukan hanya sebagai angan-angan saja.

d.      Perencanaan harus bisa diukur Artinya sekalipun hanya mengira-ira namun perkiraan tersebut adalah benar dan tentunya tidak menimbulkan kerugian pada perusahaan.

e.      Tahap awal pelaksanaan produksi Perencanaan harus menjadi langkah awal bagi perusahaan dalam menghasilkan barang yang dibutuhkan oleh konsumen.

 

Jenis - Jenis Perencanaan Produksi

a.       Perencanaan Jangka Panjang (LongRangePlanning) Perencanaan jangka panjang merupakan perencanaan produksi lebih dari satu tahun bahkan hingga lima tahun mendatang.

b.      Perencanaan Jangka Menengah (Medium Range Planning) Perencanaan jangka menengah merupakan perencanaan yang dibuat untuk kegiatan produksi selama 2 sampai 3 tahun mendatang.

c.       Perencanaan Jangka Pendek (Short Range Planning) Perencanaan jangka pendek merupakan penentuan kegiatan produksi yang akan dilakukan dalam jangka satu tahun mendatang atau bahkan kurang dari satu tahun.

 

Faktor-Faktor yang Berpengaruh terhadap Perencanaan Produksi

a.       Faktor internal, meliputi kapasitas mesin; produktivitas tenaga kerja; kemampuan pengadaan.

b.      Faktor eksternal,meliputi kebijakan pemerintah; inflasi; bencana alam

 

Langkah-Langkah Perencanaan Produksi

a.       Penelitian dan Pengembangan Produk, meliputi:

1)    Penelitian proses produksi Merupakan penelitian yang dilakukan perusahaan yang bertujuan untuk perbaikan terhadap proses produksi yang sedang berjalan.

2)    Penelitian produk Merupakan penelitian yang dilakukan perusahaan untuk mengetahui selera konsumen, sehingga penelitian ini bertujuan untuk perbaikan produk yang sudah ada dan disesuaikan dengan selera konsumen.

b.      Mencari Gagasan dan Seleksi Produk, meliputi:

1)    Mencari gagasan Yaitu tahapan dalam mencari gagasan-gagasan dalam rangka pengembangan produk.

2)    Menyeleksi produk Tahapan untuk memilih gagasan-gagasan yang masuk atau yang terbaik berkaitan dengan pengembangan produk.

3)    Desain produk pendahuluan Desain produk pendahuluan perlu dibuat sebelum menentukan desain produk yang sebenernya.

4)    Pengujian Merupakan kegiatan untuk menguji apakah produk layak dikembangkan atau tidak,baik dilihat dari potensi pasar atau konsumen merupakan secara dari produk tersebut.

5)    Desain akhir Desain akhir dibuat bila hasil pengujian produk layak dikembangkan.

 

c.       Menetapkan Skala Produksi, meliputi:

1)    Penetapan waktu

2)    Penetapan kualitas

3)    Menghitung Biaya

4)    Penetapan tenaga kerja

5)    Penetapan peralatan

6)    Penetapan bahan baku Tahapan skala produksi meliputi: Routing, Scheduling, Dispatching, Follow-up 


----------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Selamat Mengerjakan !!!

  1. Tugas Mandiri
  2. Tugas Kelompok
Tags

Posting Komentar

0Komentar

Posting Komentar (0)